Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JASA PEMBUATAN TAMAN VERTICAL GARDEN DI BANJARMASIN BANJARBARU MARTAPURA


Taman atau kebun vertikal atau sering disebut pula dengan dinding hijau (vertical garden), dinding hidup, biowalls, atau ecowalls adalah metode bercocok tanam dengan menggunakan lahan yang sempit dan terbatas dengan menggunakan dinding/ruang secara vertical dengan menutupinya dengan tumbuhan yang tumbuh di atas media tanam. Kebanyakan kebun vertikal memiliki fasilitas pengairan terintegrasi.

Dinding ini dapat ditempatkan di dalam atau luar ruangan, melekat atau terpisah dari dinding yang sudah ada, dan bisa dalam berbagai ukuran.


TIPE ATAU JENIS TAMAN VERTICAL GARDEN.

Kebun vertikal sering kali dikonstruksi dalam bentuk panel modular yang menampung media tanam dan dapat dikategorikan berdasarkan jenis media tanamnya, antara lain: Media renggang, media lapisan berongga (MAT) dan media struktural





FUNGSI TAMAN VERTICAL GARDEN

Kebun vertikal juga sering ditemukan di kawasan urban di mana tumbuhan berfungsi untuk menurunkan temperatur bangunan, terutama ketika ditanam di dinding yang menyerap cahaya matahari paling banyak. Sehingga kebun vertikal berfungsi sebagai insulasi. Tumbuhan nantinya akan menyerap panas dengan proses transpirasi tumbuhan akan menyerap air dan menguapkan air dari stomata. Dengan transpirasi tersebut, temperatur udara nanti tidak akan melebihi 4.5 derajat celcius di atas temperatur ambient, bahkan bisa lebih dingin.

Kebun vertikal bisa menjadi media penggunaan kembali air kelabu, yaitu air yang sedikit terpolusi dan tidak dapat digunakan oleh manusia. Contoh air kelabu adalah air sisa cucian sayur dan buah. Tumbuhan masih dapat menggunakan air jenis ini.

Kebun vertikal juga bisa menjadi salah satu metode dalam melakukan pertanian urban dan membentuk karya seni di dinding yang tidak terpakai.



MEDIA MAT

Jenis alas yang sistem susunannya cenderung berupa serat sabut/tikar. Media alas ini relatif cukup tipis, bahkan dalam beberapa lapisan, dengan demikian tidak dapat mendukung sistem akar hidup pada tanaman dewasa selama lebih dari 3 sampai 5 tahun sebelum akar akan menyalip tikar dan ketika air tidak mampu memadai melalui sumbu tikar. Metode perbaikan pada sistem ini adalah untuk menggantikan bagian besar sistem pada suatu waktu dengan memotong tikar keluar dari dinding dan menggantinya dengan yang baru. Proses ini adalah suatu struktur dari akar tanaman tetangga di dinding dan sering membunuh banyak tanaman di sekitarnya ketika dalam proses perbaikan. Sistem ini sangat baik jika digunakan pada interior bangunan dan merupakan pilihan yang baik di daerah dengan aktivitas seismik yang rendah dan tanaman kecil yang tidak akan tumbuh dengan berat dan bisa merobek tikar terpisah dengan berat badan mereka sendiri dari waktu ke waktu. Sangat penting untuk dicatat bahwa sistem tikar air kurang baik dan biasanya sering memerlukan irigasi konstan karena sifat tipis menengah dan ketidakmampuan untuk menahan air dan menyediakan penyangga bagi akar tanaman. Media alas ini cocoknya untuk instalasi kecil tidak lebih dari delapan meter tingginya di mana perbaikan mudah diselesaikan.




MEDIA BERSTRUKTUR

Media struktural merupakan media tanam yang memiliki bentuk blok yang tidak longgar dan tidak memiliki rongga, tetapi media struktural menggabungkan keunggulan dari kedua media tersebut, dalam bentuk blok yang dapat di produksi menjadi berbagai ukuran, bentuk, dan ketebalan. Media struktural juga memiliki beberapa keunggulan antara lain, media ini tidak akan rusak sampai berusia 10 atau 15 tahun. Media ini dapat memuat beberapa air tergantung tanaman yang dipilih, dapat memiliki pH dan elektrokonduktivitas yang sesuai untuk tanaman, dan media ini mudah untuk dirawat atau diganti. Media ini merupakan pilihan yang sangat kuat untuk dinding yang akan diterapkan di bagian eksterior dan interior bangunan. Ini juga pilihan terbaik untuk suatu daerah di mana kekuatan angin, aktivitas seismik, atau ketinggian perlu ditangani dalam desain. Media struktural bisa lebih unggul daripada media lain untuk umur panjang mereka dan tingkat kinerja yang tinggi dalam berbagai situasi. Tergantung juga pada jenisnya, media struktural cenderung lebih mahal ketika pemasangan, tetapi biaya yang lebih murah untuk dikelola.
Pada beberapa pembahasan ada istilah yang disebut dengan "dinding aktif", di mana dinding ini menyerap dan menghembuskan udara melalui bagian tubuh tumbuhan dan media tanam ke dinding sehingga dapat berfungsi sebagai sistem HVAC dari bangunan tersebut. Dinding aktif ini bisa mengantikan sebagian komponen penyaring udara. Kualitas pada udara dan tanaman dari sistem ini masih diteliti sampai hari ini.



Vertical garden banjarmasin banjarbaru martapura. Menghubungi kami merupakan cara sederhana agar masalah anda dapat terselesaikan dengan cepat. Saya menyediakan dua pilihan untuk anda dalam menghubungi yaitu melalui telepon selular dan kirim pesan instan chat via WhatsApp.
Jika anda memerlukan lokasi anda di desain terlebih dahulu, Saya akan membuatkannya gratis jika anda menggunakan jasa kami. Desain vertical garden yang saya buat berupa gambar 3D dan video animasi.

Tags: